Melihat Bendungan Kuningan yang akan Diresmikan Presiden Jokowi, Ternyata Sudah Direncanakan 35 Tahun yang Lal

Melihat Bendungan Kuningan yang akan Diresmikan Presiden Jokowi, Ternyata Sudah Direncanakan 35 Tahun yang Lal

KUNINGAN - Bendungan Kuningan bakal segera diresmikan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Kabarnya, kepala negara bakal datang pada 31 Agustus 2021.

Rencana peresmian ini sebenarnya mundur dari agenda yang sudah disusun yakni pada akhir Juni 2021. Apakah bendungan ini sudah benar-benar selesai?

Dari pantauan radarcirebon.com, secara umum konstruksi pembangunan bendungan sudah tuntas 100 persen. Bahkan sudah dilakukan penggenangan air.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Ismail Widadi yang sempat meninjau pada Juni 2021 lalu menyebutkan, studi mengenai Bendungan Kuningan sebenarnya sudah dilakukan sejak 35 tahun yang lalu.

Melalui inisiasi rancangan induk atau master plan Sungai Cisanggarung. Bendungan ini dibuat sebagai salah salah satu infrastruktur untuk mendukung ketahanan pangan, energi, dan air dalam skala Nasional.

Bendungan Kuningan kelak akan mengairi areal persawahan seluas 2000 Ha daerah irigasi Cijangkelok dan 1000 Ha daerah irigasi Cileuweung.

Selain itu, Bendungan Kuningan juga berfungsi sebagai pengendali banjir, penyedia air baku 300L/detik, dan pembangkit listrik sebesar 500 kw.

Sementara itu, beredar informasi bahwa Presiden RI Joko Widodo bakal berkunung pada 31 Agustus 2021. Selain meresmikan bendungan tersebut, kepala negara juga ada sejumlah acara di Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan.

Khususnya dalam meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar, hingga santri juga masyarakat umum. Terkait agenda presiden, nampak saat ini tengah dilakukan beberapa persiapan.

Namun kepastiannya tentu menunggu agenda berikutnya dari kepala negara. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: